Rabu, 03 Juni 2009

Novel Lalangse

karya Aam Amilia

Nama : Yayan Kardiyana

NPM : 180210060007

Novel Lalangse karya Aam Amilia, di dalam novel ini terdapat cerita yang mengisahkan seorang guru yang mencintai muridnya..

Tokoh Sri Rahayu digambarkan sebagai guru yang di tinggalkan suaminya karena suaminya sebagai tentara yang ditugaskan keluar kota. Sri Rahayu mengalami dampak kejiwaan ketika dirinya harus ditinggal suaminya untuk waktu yang lama. Sri Rahayu harus menjalani kesehariannya tanpa suaminya. Hal itulah yanga mendorong Sri Rahayu untuk mencari yang dapat memenuhi kepuasan jiwanya.

Sri Rahayu merasa tertarik terhadap muridnya yang bernama Jaka karena kepribadiannya yang pendiam. Jaka adalah tokoh yang mengalami ketidak utuhan keluarga, karena orang tuanya berpisah, oleh karena itu Jaka merasa kurang perhatian dari orang tuanya. Hal ini yang menyebabkan Jaka membutuhkan kasih sayang yang selama ini tidak di dapatkan dari orang tuanya.

Berbagai permasalahan di sekolah yang dihadapi Jaka pada waktu usulanya untuk mendirikan majalah Sunda di sekolahnya tidak diberi ijin oleh kepala sekolahnya. Sri Rahayu sebagai wali kelasnya merasa iba akan kendala yang dihadapi Jaka karena pada awalnya kepala sekolah setuju adanya majalah sunda tersebut, tetapi sesudah berjalan beberapa lama kepala sekolah tidak mengizinkan lagi majalah Sunda tersebut untuk terbit kembali karena ada muridnya yang bukan suku Sunda.

Sri Rahayu karena merasa iba terhadap murid–muridnya maka mengijinkan majalah Sunda untuk terbit lagi tetapi pembuatannya di lakukan di rumah Sri Rahayu. Hal inilah yang membuat Sri Rahayu dan Jaka menjadi lebih dekat, dan lama kelamaan Sri Rahayu mempunyai rasa cinta terhadap Jaka, tapi yang Jaka rasakan hanyalah kasih sayang selayaknya guru terhadap muridnya, padahal Sri Rahayu mempunyai perasaan selayaknya perempuan mencintai seorang laki–laki.

Jaka tidak boleh masuk sekolah karena majalah sunda tetap terbit yang dianggap menentang kepala sekolah. Pada suatu hari Jaka datang ke sekolah menemui Sri Rahayu untuk meminta maaf atas kejadian yang dianggap menentang sekolah, tetapi Jaka tidak bertemu dengan gurunya, Jaka malah bertemu dengan Gigo dan teman–temannya yang tidak setuju majalah sunda terbit, Gigo dan temannya–temannya mengolok-olok Jaka yang pada akhirnya mereka berkelahi dan membuat Jaka masuk rumah sakit.

Pada saat Jaka di rumah sakit ketika siuman yang Jaka lihat hanya Sri Rahayu yang sedang menemaninya sambil menangis. Sri Rahayu memeluk Jaka dengan penuh kasih sayang dan mereka berciuman layaknya sepasang lelaki dan perempuan yang sedang melepaskan rasa kasihnya. Hal itulah yuang terjadi dikarenakan keduanya tidak mendapatkan dari orang terdekatnya.

Akhirnya Jaka sadar hal itu tidak pantas karena sri rahayu adalah seorang guru dan jaka sadar bahwa dirinya hanya sebagai murid, maka pada saat suami Sri Rahayu pulang semua itu tidak bisa lagi di teruskan karena tidak pantas untuk dilakukan lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar